Home » » Sejarah Internet dan Pengertian Internet

Sejarah Internet dan Pengertian Internet

Sejarah Internet dan Pengertian Internet - Internet (Interconnection-Networking) merupakan system jaringan komputer yang menghubungkan antar komputer secara global di seluruh dunia dengan koneksi TCP/IP (Internet Protocol Suite). Komputer yang terkoneksi pada internet bisa dengan cepatnya melakukan akses dan mentransfer data. Pada pembahasan ini saya akan share mengenai sejarah berdirinya internet dan pengertian internet secara lengkap.

Sejarah Internet
  1. Pada tahun 1969 internet muncul pertama kalinya. Internet dibentuk dan diprakarsai oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui proyek ARPA yang dikenal dengan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Mereka mendemonstrasikan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, dan membentuk jaringan komputer dengan koneksi standart yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
  2. Pada tahun 1972 sebuah program email dengan icon (@) dirancang oleh Roy Tomlinson untuk ARPANET.
  3. Pada tahun 1973 ARPANET mulai mengembangkan sayapnya di luar Amerika Serikat. Untuk pertama kalinya sebuah komputer yang bergabung dengan jaringan ARPANET adalah komputer University College di London.
  4. Pada tahun 1976 Ratu Inggris berhasil ngirim E-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Dan perkembangan internet semakin pesat, banyak komputer yang mulai bergabung dan menggunakan jaringan ARPANET sehingga terciptalah jaringan Network.
  5. Pada tahun 1979 untuk pertama kalinya terbentuklah Newsgroup dengan nama USENET yang dibentuk oleh Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin.
  6. Pada tahun 1990 Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser dan diberi nama www (Worl Wide Web).
  7. Pada tahun 1992 perkembangan komputer dari masa ke masa semakin pesat, lebih dari 1 juta komputer telah tersambung pada jaringan komputer.
  8. Pada tahun 1994 telah lahir situs Yahoo yang melahirkan Netscape Navigator 1.0

Demikianlah artikel mengenai Pengertian dan Sejarah Internet yang sampai sekarang sudah dipakai oleh kita-kita semua di seluruh dunia.


Related Posts

 
Copyright © 2011. Terlintas | Template by Creating Website | Powered by Blogger