Home » » Mengatasi Layar Komputer Tiba-Tiba Berwarna Biru (Blue Screen)

Mengatasi Layar Komputer Tiba-Tiba Berwarna Biru (Blue Screen)

Pernahkan anda sewaktu asyik didepan komputer lalu dikejutkan dengan adanya tampilan layar komputer menjadi warna biru? Pada mulanya sih kita biasa saja melakukan aktifitas di komputer tetapi setelah 5 menit atau 10 menit tiba-tiba layar komputer berwarna biru dan setelah kita restart komputer normal kembali, namun selang beberapa menit layar komputer kambuh lagi menjadi warna biru. Apa penyebab layar komputer berubah menjadi biru atau lebih kerennya blue screen? Menurut pengalaman yang saya alami pada komputer pribadi, masalah terjadinya layar komputer yang tiba-tiba menjadi warna biru (blue screen) dan ada tulisan error karena "Masalah Hardware" dan seperti gambar dibawah inilah tampilan layar biru dan pesan error yang terjadi pada layar komputer.

Baca juga : Cara Merakit Komputer Lengkap dengan Gambar

Mengatasi Layar Komputer Blue Screen

Penyebab layar komputer menjadi biru / blue screen, antara lain :
1. Karena processor terlalu panas
2. Karena pemasangan kabel power ke hardisk kurang tepat

Dari permasalah tersebut diatas, berikut akan saya berikan tips memasang kabel hardisk sata dan pemasangan kipas pada processor yang benar agar tidak terjadi blue screen pada layar komputer.

1. Untuk memasang processor dan kipas processor sebaiknya sebelum dipasang kipas, diatas processor diberi gel agar tidak panas dan cara memasang kipas pada processor harus benar-benar terkunci dengan pas dan tidak goyang sehingga pocessor tidak cepat panas.

Mengatasi Layar Komputer Blue Screen

2. Cara memasang kabel power hardisk sata
Layar blue screen pada komputer bisa juga disebabkan karena cara memasang kabel sata pada hardisk kurang optimal. Sebaiknya kabel sata hardisk jangan dipasang lurus tetapi cara pemasangannya kabel dipelintir seperti gambar dibawah ini.

Mengatasi Layar Komputer Blue Screen

Demikianlah cara mengatasi layar blue screen pada komputer, semoga bermanfaat.


Related Posts

 
Copyright © 2011. Terlintas | Template by Creating Website | Powered by Blogger