Home » » Mengapa Komputer Menjadi Lambat dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Mengapa Komputer Menjadi Lambat dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Pada pembahasan masalah komputer atau PC menjadi lambat yang sangat mengganggu aktivitas pekerjaan kita sering saja terjadi. Sebelum membahas lebih jauh alangkah baiknya jika kita mengenal penyebab komputer menjadi lambat dalam proses pengoprasiannya dan tentunya kalau komputer anda lambat segera diatasi agar proses berjalannya komputer tidak menggangu pekerjaan kita. Nah disini saya akan sharing masalah komputer menjadi lambat dan cara mengatasinya. Dan tentunya kalau komputer berjalan cepat akan memudahan kita untuk mengoperasikan komputer tanpa harus menunggu.

6 Penyebab komputer menjadi lambat dan solusinya :

1. Terlalu Banyak Program Yang diinstal di Komputer
Banyaknya program yang terinstall akan membuat komputer menjadi berat / loading makin lambat apalagi program tersebut jarang dipakai, alangkah baiknya dibuang saja, jadi ambil program yang sekiranya kita perlukan saja.

2. Kapasitas RAM / Memory Yang Minim
Solusinya yaitu dengan mengganti RAM yang lebih tinggi misalnya minimal 1 GB atau lebih tinggi juga lebih bagus

3. Terlalu Banyak Startup Programs dan Service
Solusinya dengan cara menguranginya yaitu masuk ke menu Run (windows+R) lalu msconfig dan Enter. Pada tab service dan startup silahkan hilangkan atau uncheck pada aplikasi yang tidak perlu.

4. Temporary File terlalu banyak
Solusinya yaitu masuk ke C:\Documents and Settings\nama_user\Local Settings\Temp dan C:\WINDOWS\Temp lalu delete saja semua dan bersihkan dengan Disk CleanUp.

5. Hardware Komputer Yang sudah mulai Tua
Solusinya yaitu segera ganti hardware yang menyebabkan komputer menjadi lambat misalnya Hardisk yang sudah berumur cukup lama (RPM-nya menurun)

6. Karena Terserang Virus
Solusinya yaitu apabila komputer terlanjur terserang virus caranya jalankan Windows Safe Mode, matikan fasilitas System Restore dan bersihkan dengan anti virus yang ampuh misalnya ESET NOD32.


Itulah informasinya seputar faktor penyebab komputer lambat dan cara memperbaikinya, semoga bermanfaat.


Related Posts

 
Copyright © 2011. Terlintas | Template by Creating Website | Powered by Blogger