Home » » Resep Kerupuk Ikan Gurih, Renyah dan Nikmat

Resep Kerupuk Ikan Gurih, Renyah dan Nikmat

Cara Membuat Kerupuk Ikan - Resep kerupuk ikan yang akan saya bagikan ini nantinya dapat dipraktekkan dirumah untuk camilan atau untuk usaha jual beli kerupuk ikan yang tentunya rasanya sangat nikmat, gurih dan renyah jika digigit. Bahan utama dari kerupuk ikan ini yaitu tulang ikan yang sudah dihancurkan atau dilumatkan. Dengan tambahan bumbu-bumbu akan membuat aroma dan rasa semakin nikmat. Nah sekarang simak bagaimana proses pembuatan kerupuk ikan dan bahan-bahan yang diperlukan dibawah ini.

Baca juga : Cara Membuat Pizza

Resep Kerupuk Ikan

Bahan membuat kerupuk ikan :
- Tulang ikan (dilumatkan/dihancurkan)
- Tepung tapioca = 4000 gr
- Gula halus = 25 gr
- Air kaldu ikan (panas)
- Soda kue = 5 gr
- Vetsin = 35 gr
- Garam = 125 gr
- Air es

Cara Membuat Kerupuk Ikan :
  • Ambil tulang ikan lalu rebus agar lunak dan lumatkan dengan pelumat daging. Lalu tambahkan garam, gula, vetsin dan soda kue.
  • Membuat Tajin Ikan : caranya ambil tepung tapioca sebanyak 10% dari jumlah jumlah tepung lalu larutkan pada air dingin secukupnya dan tambahkan air kaldu ikan (yang akan mendidih) lalu aduk cepat sampai larutan tepung kental. Untuk perbandingan antara tulang ikan yang telah dilumatkan dan tepung tapioca dalam membuat kerupuk ikan adalah 1 : 4
  • Campurkan tajin kedalam bubur ikan (aduk sambil diremas-remas) lalu masukkan tepung tapioca sedikit-sedikit (aduk lagi sampai adonan jika dipegang tidak lengket)
  • Selanjutnya adonan dicetak dengan alat pencetak kerupuk. lalu adonan dikukus pada panci sambil disusun sampai matang (angkat, dinginkan selama 1 malam)
  • Lakukan pemotongan pada kerupuk yang sudah kering setebal 0,3 mm dan jemur sampai kering. Lalu goreng pada suhu 200 C sampai kerupuk mengembang.

Demikianlah seputar info mengenai membuat resep kerupuk ikan, silahkan dicoba.


Related Posts

 
Copyright © 2011. Terlintas | Template by Creating Website | Powered by Blogger